Capaian Pembelajaran Projek IPAS SMK Kelas 10

Pada akhir fase E, peserta didik diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut;

  1. Peserta didik dapat memahami pengetahuan ilmiah dan menerapkannya; atau membuat prediksi sederhana disertai dengan pembuktiannya

  2. Peserta didik dapat menjelaskan fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan sekitarnya dilihat dari berbagai aspek seperti makhluk hidup dan lingkungannya; zat dan perubahannya; energi dan perubahannya; bumi dan antariksa; keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu; interaksi, komunikasi, sosialisasi, institusi sosial dan dinamika sosial; serta perilaku ekonomi dan kesejahteraan sosial

  3. Peserta didik dapat mengaitkan fenomena-fenomena tersebut dengan keterampilan teknis pada bidang keahliannya.

  4. Peserta didik dapat menentukan dan mengikuti prosedur yang tepat untuk melakukan penyelidikan ilmiah.

  5. Peserta didik dapat menjelaskan cara penyelidikan yang tepat bagi suatu pertanyaan ilmiah.

  6. Peserta didik dapat mengidentifikasi kekurangan atau kesalahan pada desain percobaan ilmiah.

  7. Peserta didik dapat menerjemahkan data dan bukti dari berbagai sumber untuk membangun sebuah argumen serta dapat mempertahankannya dengan penjelasan ilmiah.

  8. Peserta didik dapat mengidentifikasi kesimpulan yang benar diambil dari tabel hasil, grafik, atau sumber data lain.

  9. Peserta didik dapat merencanakan dan melaksanakan aksi sebagai tindak lanjut, mengkomunikasikan proses dan hasil pembelajarannya, melakukan refleksi diri terhadap tahapan kegiatan yang dilakukan.